Headlines News :

Memperbaiki Hardisk Tidak Bisa di Format dan di Install OS

Memperbaiki Hardisk Tidak Bisa di Format dan di Install OS
Memperbaiki Hardisk Tidak Bisa di Format dan di Install OS. Halo kali ini ane mau sharing pengalaman tentang hardisk yang tidak bisa di format dan tidak bisa juga di instal sistem operasi, pada awalnya saya menganggap hardisk laptop tersebut rusak karena bad sektor mau pun apa saya tidak tahu. Setelah saya telusuri dan mencari gejala-gejala yang terjadi ternyata saya mendapatkan gejala seperti ini :
  1. Hardisk kadang tidak terbaca di bios, dan kadang terbaca.
  2. Saat Instal OS, hardisk kadang terbaca dan kadang tidak
  3. Saat Hardisk terbaca dan mau di format hardisk menjadi tidak terbaca oleh sistem
Jika, anda mengalamai masalah seprti saya maka solusinya adalah mendownload driver sata dan menginstalnya pada saat instal OS sepeti Gambar berikut ini dengan mengeklik load driver.

Load Driver Hardisk Winodws 7

Jika anda sudah mendownload drivernya klik browse dan cari tempat direktori temapat anda menyimpan driver yang sudah anda download. Kemudian windows akan secara otomatis mencari driver yang cocok dengan hardisk laptop anda. Bagi anda yang belum tau download drivernya di mana klik di sini.

Setelah itu driver di instal dengan mengeklik next dan jangan lupa mencentang tulisan hiden partition, setelah terinstal coba refresh drive akan tampil dan cobalah untuk memformat hardisk dan menginstal OSnya insya allah akan berjalan normal kembali, Sekian dari artikel saya yang singkat ini semoga bermanfaat bagi anda :)

Memperbaiki Hardisk Tidak Bisa di Format dan di Install OS 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

Di terbitkan pada :

Monday, November 26, 2012

41 comments:

Anonymous said...

gan,cara mengetahui driver sata matherboardnya gmna? apa sesuaiin dengan jedis hardisnya atau matherboarnya?,please bantu aqu.soalya aq juga ngalamin hal sepertiini saat mau instal leptopqu

Handika B. Prayoga said...

silahkan download sata di situs resmi intel di atas, dan download driver sata di sana dengan mencarinya di pencarian, sesuaikan driver sata yang anda download dengan versi OS yang anda install :)

Aprilan Alnur said...

cra pemakain drivernya gimana gan,, jika kita sudah download..??

Handika B. Prayoga said...

tinggal load driver pada saat mau partisi hardisk di windows 7 instalasinya... :)

ranub said...

filenya kan banyak tu gan, kira2 yang mana ya gan? hard disk ane toshiba 160 gb juga ngalamin gitu gan..newbie bgt ni gan

Pyramid said...

terimakasih gan, saya akan coba :)

Anonymous said...

Aris

Nanya gan, gimana cara hapus folder windows di harddisk? Saya punya laptop pernah instal dual boot win 7 n win8. win7 di drive c, win8 di drive G dan H. Win 8 sudah saya uninstall smua. gimana cara ilangin sistem2 di drive G dan H peninggalan win8.

Handika B. Prayoga said...

@Aris : langsung di hapus saja gan... kalo gg di clean install lagi windows 7nya

Anonymous said...

gak ada yang tosiba c600

Handika B. Prayoga said...

@anonim : cara ini bisa di gunakan untuk semua jenis laptop, cari saja driver sata di website resmi intel

Anonymous said...

gan gimana kita bisa ngerti driver mana yg harus di download.
ane udah kecapek.an gan. help my gaaannn.

Handika B. Prayoga said...

@Anonim : coba di download aja salah satu driver satanya, kemudian di extrac di FD, trus di tancep di laptop yg mw di install... kemudian pas saat instalasi windows 7 load driver ke direktori yang ada di FD kemudian akan muncul file klik saja load file tersebut salah satu... jangan takut tuk mencoba gan...
Saya saja udah mencoba dan berhasil :)

ahmaimadun said...

gan maaf,aku blm ngerti setelah didownload trus filenya dimasukkan diman di cd installer apa di mana gan soalnya hardisk dah terlanjur di format

Handika B. Prayoga said...

@ahmaimadun : coba di download aja salah satu driver satanya, kemudian di extrak filenya di FD, trus FD di tancep di laptop yg mw di install... kemudian pas saat instalasi windows 7 load drivernya buka file yang muncul di direktori yang ada di FD hasil extrakan tadi kemudian akan muncul file yang dapat di load driver klik saja salah satu file yang muncul... jangan takut tuk mencoba gan...
Saya saja udah mencoba dan berhasil :)

yulan si said...

Terima kasih atas infonya,kunjungi kami di http://www.unsri.ac.id

mara kusuma said...

gan pas waktu mau nyecan driver satanya bios nya diset apa IDE ama AHCI gan?

Handika B. Prayoga said...

@mara kusuma : kalo agan mengunakan windows 7 gunakan AHCI... kalo windows xp IDE tapi saya sarankan pake windows 7 saja.. karena tutorial di atas saya pake windows 7 :)

tino syahbudi said...

drivernya ga bisa saya install gan,setiap install akhirnya timbul bacaan begini
this computer does not meet the minimum requirements for installing the software...
apa tuh maksudnya,mohon hidayahnya...

Fajar Bsg said...

yang di download yang mana dan yang di instal file yg mana ?
tolong pencerahannya donk

Fajar Bsg said...

mas yang di download yg mana dan yang di instal file apa ?
tolong bantu

Handika B. Prayoga said...

@tino syahbudi : berarti komputer anda belum memnuhi syarat minimal buat menginstal os tersebut....
@Fajar Bsg : yang di install driver sata yang udah di download dari intel dan sesuai tipe os yang di install, setelah di download extract di fd dan buka seperti tutorial di atas... semoga membantu :)

Fajar Bsg said...

tidak ada yg kompetibel,
4 sudah ku download tp semua tdak bisa,
bdw waktu agan download filenya namanya apa ?

Fajar Bsg said...

lepi ane toshiba satellite c640,
hardisk ane toshiba MQ04ABD032,
kira" driver sata yg mana bisa terinstal ?
tolong bntuannya,

Fajar Bsg said...

lepi ane toshiba satellite c640,
hardisk ane toshiba MQ04ABD032,
kira" driver sata yg mana bisa terinstal ?
tolong bntuannya,

Handika B. Prayoga said...

@Fajar Bsg : coba download driver sata di webste resmi toshiba, mungkin di sana anda...

Anonymous said...

Saya uda nemuin driver sata, tapi masih gak bisa di format, kira kira solusinya gimana lagi ya ?_?

ferry said...

gan.. saya punya laptop lenovo dengan harddisk WD blue500gb.. masalahnya adalah sama persis sperti agan.. tp setelah ane format pertama kali itu bisa.. selanjutnya ane install jalan namun pending di 13%.. ane tungguin smpe 2hari tuh installan.. ane pusing ane coba lagi dari awal, eh malah pending ditampilan awal. masuk ke biospun g bisa.. bagaimana ini solusinya gan

bongkardong.blogspot.com said...

kalau kasusnya seperti itu biasanya saya gunakan disk bootable lain dan bekerja dengan baik gan tnpa harus download driver terlebih dahulu

bay the way makasih untuk sharenya

khadier nala said...

gan ,klo ane mau install win.7 maupun win.8 ,ko harddisk.y gk ke detect yh ? Padahal di bios kedetect .Tolong bantuanya

Anonymous said...

beli hardisk baru jangan second cara pemecahan nya,andai bisa di instal os dng driver sata ujung2 nya gak stabil jg,pasti blue screen fatal eror system

Jocker said...

makasih gan infonya, semoga bisa membantu :)

Anonymous said...

Masalah saya ini, WD 320 GB/Go ikut ke format waktu waktu saya menginstal laptop, semua data hilang dan WD ku ini tidak terdeteksi oleh pc, sy bingung gimana caranya agar terdeteksi kembali ( WD Nya baru dibeli )

Falevi Levi said...

mane link dongdot nya bray ..kok ot pond ..ap nama soptex nya

Muh. Armand said...

gan minta dong driver sata untuk laptop toshiba satellite c640 , hardisk 320 GB , soalnya ane pusing download yang mana windows 64 bit ,,, please gan help mee

Anonymous said...

edyan ini guide bener" banget ngebantu sumpah, thx bgt gan akhirnya, setelah ganti hardisk beberapa kali masalahnya ada di driver intelnya.

TWO THUMBS UP!

Anonymous said...

gmn loq AMD gan,,

Mr.1Nd@ said...

makasih Oooommm sukses ...!
makasih banyak info nya ...

Mr.1Nd@ said...

sukses Oooommm....!
thanks infonya yaa....!
semoga amal nya di tambah :)

ale rimba said...

bang klw m'instal laptop trus uda mw format data C ko g' bisa, malah minta load driver . . . gimana tu bro . . . ???

Anonymous said...

ga da flashdisk pake card reader untuk drivernya gmna ga ???

Anonymous said...

gan, ane gabisa masuk ke win7, mau install pake boot tapi kok gabisa nyari drivernya ya? kenapa tuh gan? plis dijawab

Post a Comment

Kritik dan Saran yang membangun sangat kami tunggu :)